January 21, 2011

Belajar Saham

Gue pengen banget bisa trading saham. Tujuan awalnya bukan untuk mencari tambahan uang. Tapi cuma pengen coba-coba aja karena kebetulan Papa udah ngenalin saham dari sejak gue SMA. Sayangnya, karena beliau masih sibuk dengan kerjaan kantornya, beliau nggak bisa invest. Nggak ada waktu buat pelototin layar komputer  liatin harga saham yang naik turun setiap waktu. Maka, beliau ngenalin saham ke gue. Beruntung, FEUI bikin acara ICON yang saat itu bertema Capital Market. Lalu gue ikut lah. Bayar Rp 35.000 buat dapetin virtual account dari Universal Broker sebanyak Rp 500.000.000. Mulai tanggal 29 November 2010, gue mulai trading saham.


Gue sama sekali nggak punya ilmu apapun tentang saham. Semua yang bokap gue ajarin dulu, itu masih dasar banget ternyata. Nggak bisa bikin gue tau apa aja yang mesti gue lakukan ketika trading. Gue masih nggak tau emiten saham apa yang mesti gue beli, berapa jumlah saham, kapan gue mesti beli, kapan gue mesti jual, kapan gue mesti melototin, bagaimana manajemen resikonya, dan lain-lain. Bokap cuma bilang kalau mau sahamnya naik terus, beli komoditas energi kaya minyak bumi dan batu bara. Atau consumer goods. Walaupun bukan energi, tapi pasti naik terus sahamnya karena pasti dipakai banyak orang. Tapi itu aja belum cukup. Gue masih nggak tau emiten (perusahaan) apa yang sahamnya mesti gue beli. Sebenernya, ini perlu pendekatan fundamental dulu. Mesti tau keuangan perusahaan itu gimana, kondisinya, sampe struktur pemimpin perusahaannya gimana sebenernya mesti tau. Ini untuk ngejamin apakah perusahaan itu baik. Maka, sama bokap gue diikutin ke sebuah training saham yang diadain salah satu broker ternama, Bahana Sekurities, yang sama-sama satu kelompok perusahaan sama kantor bokap. Sebenernya training itu dikhususkan untuk semua investro yang udah tergabung sama broker itu. Untuk gabung, mesti ada dana lima juta. Nah, gue kan masih mahasiswa yang masih belajar, bukan buat trading beneran, jadi gue ga mau bayar. Dengan kekuasaan bokap di kantornya, gue bisa ikut training tanpa bayar! Hahhaha. Tapi tau diri lah gue. Gue cuma ikut sampe pertemuan kedua aja dari sekian banyak pertemuan. Pertemuan-pertemuan selanjutnya adalah pertemuan bener-bener khusus dari anggota broker itu. Kalau gue maksain dateng, gue akan plenga-plengo karena ga punya software tradingnya yang cuma dikasih kalo bayar lima juta itu.

Di dua pertemuan yang udah gue hadirin, gue belajar milih saham apa dan kenapa pilih emiten itu dan bagaiman menentukan kapan beli dan jual. Gue juga beli buku-buku saham. Ikut milis saham juga udah. Tapi (entah bego atau gimana), gue masih kalah ketika trading!!

Sumpah ini memalukan banget. Pertama, gue malu sama bokap. Beliau udah bela-belain nggak kerja ke Bengkulu cuma nemenin gue ke kantornya di Jakarta dan nungguin gue selama 5 jam ketika gue training. Kedua, sama temen-temen bokap. Karena tempat training di kantor bokap, banyak temen bokap yang liat gue. Pas mereka tau gue ke kantor bokap buat training saham, mereka terkagum-kagum. Padahal mereka ga tau sebego apa gue. Ketiga, sama temen-temen gue: Mila, Kiong, Hanny. Mereka tau banget gimana ribetnya gue karena ngejar waktu trading yang sering bentrok sama acara gue yang lain. Mereka juga paham banget gimana stresnya gue belajar buku-buku saham yang sussah banget gue ngerti. Keempat, sama Satrio. Orang yang pertama kali gue kasihtau, selain Mila Kiong Hanny, adalah dia karena gue tau dia punya passion  mau masuk KSEP (kelompok studi ekonomi di kampusnya). Salah satu yang dibahas di KSEP adalah tentang saham ini. Gue sering bilang dia buat invest saham secepetnya mumpung kita masih muda. Jarang akn investor saham muda kaya kita gini. Ga taunya, jeng jeng. Gue aja kalah, udah berani-beraninya ngajak orang ikutan. Sama aja kaya ngajak orang buat kalah juga kan. Kelima, sama diri gue sendiri. Iya, sama gue sendiri. Gue sok-sokan ikut saham, padahal bego gatau apa-apa. Emang ngerti gitu? Enggak. Gue mengambil risiko segede itu dengan ilmu yang pas-pasan. Itu namanya kelewat bodoh.

Dengan semua yang udah gue korbankan; beli modem demi kelancaran akses trading, beli buku, bolak-balik perpus FEUI, ikut training saham, semua malu-malu, dan semuasemuanya, gue ga tau apakah gue akan melanjutkan invest saham gue dengan duit beneran apa enggak. Mungkin nggak sekarang, atau bulan depan. Karena sekarang gue pengen nabung dulu mau jalan-jalan ke Bandung dan Jogja. Lagian ilmu gue belum nyampe coy. Daripada jadi keledai yang ngulang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya, mending ga usah dulu kali ya. -_______-

No comments:

Post a Comment

ANY COMMENT?