June 08, 2010

Pasrah?

Malem-malem waktunya yang pas untuk merenung sepertinya, seenggaknya buat gue. Pas tengah malem kaya gini, pikiran rasanya terbuka gitu. Nggak sehat juga sih. Tapi ya namanya juga pengangguran. Habiskan malam sajalaaah.

Yang kali ini gue bahas adalah tentang kepasrahan. Apalagi pas banget nih mau pengumuman PTN. Enggak, gue nggak akan ceramah atau menggurui siapapun. Ini murni tentang tulisan gue dari yang gue liat di sekitar. Wosyoh.

Setiap pengumuman masuk PTN, baik itu lewat PMDK, ujian mandiri seperti SIMAK UI, UTUL UGM, dll., maupun lewat jalur bersama seperti UMB dan bentar lagi SNMPTN, gue selalu deg deg an. Sekalipun gue nggak ikut tesnya. Deg-degan buat temen gue mungkin. Lalu saat hasilnya udah diketahui, dan ada beberapa temen gue yang belum berhasil, gue ikut sedih lalu menguatkannya untuk tetap optimis.
Ya, optimis. Cuma itu yang bisa dilakukan saat ini, ketika lagi down. Nggak mungkin kan marah-marah ke panitia penyelenggara, atau demo depan kantor panitia meminta ujian diulang, atau yang lebih parahnya, marah-marah sama Tuhan. Yang bisa dilakukan hanyalah menerima. Ini nggak berarti nggak boleh sedih. Hanya menerima. Kalau yang namanya kecewa mah pasti ya. Namanya juga keinginan BELUM tercapai kan. Tau kan kalo Allah tuh sebenernya nggak bikin gagal. Dia hanya belum memberikan yang terbaik. Nantinya, pasti akan dapet dan ujung-ujungnya akan sadar kalau itu jalan lo. Itu yang terbaik buat lo.

Semua Muslim khususnya, pasti ngerti yang namanya usaha, berdoa, pasrah. Kalau kata Reka, D.U.I.T (Do'a, Usaha, Ikhtiar, Tawakal) gue bingung, ikhtiar kan usaha, dan tawakal kan do'a, yaudahlahyaaa intinya sama kan. Semuanya harus bareng. Lalu ketika tidak ada usaha lagi yang harus dilakukan, misalnya karena tesnya udah selesai, do'a nya dibanyak banyakin sambil pasrah.
Nah ini yang paling susah (menurut gue): Pasrah. Namanya memasrahkan diri itu susah susah gampang. gampang, karena hanya perlu menghadirkan hati untuk diserahkan kepada Sang Khalik, Allah. Susahnya ya, menyerahkannya itu.
Yang namanya pasrah, kata-kata gampangnya, menerima semua hasil yang diputuskan Allah. Baik itu yang diinginkan, maupun yang tidak diinginkan. Tapi yang pasti, hasil itulah yang terbaik. Inget, Allah memberi apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Syukur-syukur yang kita inginkan juga yang kita butuhkan. Kadang, jika hasilnya tidak sesuai harapan kita, misalnya gagal, pastinya kita kecewa. Tapi, tahukah bahwa Allah sedang menyiapkan yang lebih baik? Lihat ke depan, di situ ada yang terbaik buatmu. Kira-kira kaya gitu.

Ada temen gue yang belum berhasil. Dia sangat sangat kecewa hingga menganggap semesta tidak adil padanya. Temen gue itu udah ngelakuin semua usaha dengan supermaksimal. Mulai dari belajar keras, belajar setiap hari, doa, puasa senin-kamis, bahkan yang gue liat dia udah nggak nyemok lagi. Demi masuk PTN. Niatnya dia juga bagus: pengen nyenengin orang tua. Setiap selesai tes masuk PTN mana gitu, ketika bahas soal, gue juga liatnya dia bisa ngerjainnya. Jujur aja, gue yakin dia bisa masuk. Tapi ketika hasilnya udah keluar, dia belum beruntung. Kecewa, pasti. Untungnya dia berpikir positif. 'Oh mungkin ini bukan yang terbaik'. Esoknya, dia belajar lebih keras lagi. Gue suka semangatnya untuk bangkit.
Sekali.. Dua kali.. Tiga kali.. Yang dia terima ketika memasukkan nomor peserta adalah kata Maaf. Berangsur-angsur kekecewaannya meningkat. Puncaknya, dia skeptis. Oh nggak, agnostik mungkin. Eh ini gue tau kata-katanya dari Kiky. Tanya dia aja ya artinya :D. Sampe nggak percaya sama Tuhannya sendiri. Miris banget. Gue pengen bantu, tapi temen-temen deketnya aja ga bisa bantu. Dia nolak mereka. Tambah miris lagi. Sedih banget dengernya.. Gue pernah nanya sama dia pas abis pengumuman tes ke-4 nya dia.
Gue : Kalo hasilnya 'begitu', gimana?
Dia : Ya udahlah. Gue cuma bisa pasrah
Gue : Beneran pasrah?
Dia : Iyalah, mau diapain lagi
Gue : iya ya. Good.
Nyatanya, ketika dia 'begitu' (baca: belum beruntung), awalnya dia pasrah. Semenit kemudian, dia diem. Lalu, ... mukanya kecut. Kesal. Marah. Berikutnya... Ya, ngamuk parah. Misuh misuh sendiri. Semua argumen dibales sengit. Mulanya, gue maklum. Namanya cowok mungkin ya. Ada gitu rasa rendah diri kalo ga keterima PTN (PTN bukan segalanya. Harap dicatat.). Ternyata bukan itu alasan dia begitu. Faktor ekstern dari internal keluarganya yang menekannya. Ya, puncaknya, agnostik.

Intinya apa? Setelah gue menganalisis (ga juga sih, lebe aja ini) dan nanya-nanya ke temen-temennya, dia belum bisa menerima apa yang ditakdirkan. Saat dia bilang memasrahkan, dia belum bisa bener-bener pasrah sama Allah. Nah kan, ini yang gue bilang susah. Di satu sisi, setiap orang pengen keinginannya berhasil. Di sisi lain, ada faktor X yang nggak bisa semua keinginan berhasil.

Kadang gue juga bingung. Kenapa orang yang pinter+udah berjuang keras+berdoa banyak+cium tangan mamapapa, masih belum bisa dapetin yang dia pengen, FK. Padahal harusnya udah kan. Sedangkan ada orang yang acak-acakan, masuk FSRD. Ada yang tubir mulu, masuk Manaj UI. Ada yang nyemoknya kuat banget tapi inget Tuhan aja tau deh, masuk Elektro. Ada lagi yang nokib dimana-mana, FH dapet. Kita semua tau kan orang-orang kaya gitu nggak sekeras temen gue tadi (generalisasi). Keliatannya nggak adil emang. Tapi ya gimana, ini udah rencana Tuhan. Gue yakin, mereka yang gue bilang acak-acakan bla bla bla tadi punya faktor lain yang negbuat dia bisa masuk fakultas bergengsi di PTN, dan sebaliknya, temen gue yang usaha mati-matian tadi, pasti juga punya sesuatu faktor yang ngebuat dia terhalangi. Tuhan beneran punya kisah yang terbaik buat hambaNya masing-masing kalau kita udah pasrah. Walaupun hasilnya mengecewakan, seenggaknya nggak terlalu nyesek lah kan udah direlakan semua ke Tuhan. Lagian, Tuhan selalu punya cara-cara yang bikin hidup kita berwarna. Semua yang terjadi kan ada maksudnya. Minimal seminimal mungkin, dapet pahala dari kesabaran dan jadi lebih kuat. Sama sekali nggak sia-sia kan. Dan itulah yang bikin hidup jadi lebih berarti. Termasuk kegagalan sekalipun.
Gagal satu, tumbuh seribu keberhasilan
. Ingat kan?

Saat ini, gue cuma berharap gue bisa bener-bener pasrah sama Allah. Bener-bener pasrah. menyerahkan segalanya ke yang nyiptain gue, Sang Pencipta, Sang Penguasa. Cuma Dia yang tau apa yg terbaik buat gue. Cukuplah gue tau gambaran diri gue gimana kalo gue nggak beneran pasrah. Kiara-kira seperti temen gue tadi. Serem ya. Untuk sekarang ini, gue bisa bilang. Gue siap dengan keadaan terburuk apapun. Insya Allah nantinya gue akan sadar yang ini yang terbaik.

*oke, ngaco emang plotnya. maaf ya, gue ngantuk (?)

2 comments:

  1. gimana yaa..
    gue cuma mau bilang bukannya ga adil,
    gitu" mereka yg "keliatannya" biasa" aja,
    sbnernya dibalik itu smua, mreka yaaa gtu deh kerja keras
    cuma cara mereka lbh efektif, dan mereka dpt memanage waktu mereka dgn baik..
    sumber : ada temen gue kyk gtu

    ReplyDelete
  2. setelah gue cek cek kesana kemari, ternyata emang gitu sat kaya yg lo bilang ini. (oke telat ya gue.)

    ReplyDelete

ANY COMMENT?