January 20, 2011

IP Pertama

Sejak Minggu tanggal 9 Januari 2010, gue jadi sering was-was di depan laptop cuma buat pantengin IP keluar. Satu persatu nilai matkul keluar, berubahlah IP sementara. Kadang naik, kadang turun. Ini bikin takut banget. Berharap apakah IP gue sesuai keinginan. Doa pun udah. Tapi namanya doa semaksimal apapun juga tanpa usaha yang maksimal, jadinya nggak ngefek banyak. Beruntung, doa juga membantu. MPKT dengan 6 SKS, dapet A. Buat gue itu semacam keajaiban. Dengan dosen yang terkenal mahapelit karena tahun lalu nilai maksimal hanya A- itupun hanya 4 orang, kali ini beliau berbaik hati memberikan nilai A. Luar biasa! Senengnya bukan main. Walaupun begitu, ternyata perkiraan bahwa dosen-dosen lain yang dinilai mahabaik, malah memberikan nilai B dan C. Sakit hati. Alhasil, 13 SKS sukses menjauhkan IP sementara gue dari target.


IP gue jelek. Untuk seorang anak FKM yang masih semester 1, IP nggak cum laude itu terhitung jelek. Senior gue bilang kalau semester 1 di FKM adalah waktunya dapetin IP gede. Nah, kalau hanya 3,32 masih terhitung jelek dong. Tapi untunglah, gue bisa nerima. Soalnya proses gue dalam semester ini nggak tinggi juga. Gue sering telat, kalau udah males masuk ya TA, ambil tempat paling belakang biar bisa tidur, main-main. Masih anak SMA banget lah.
Awalnya gue juga ngerasa sedih nggak dapet cum laude. Tapi yaudahlah, guenya juga ga usaha lebih kan. Malu sih malu sama orang tua. Mereka ngeluarin duit banyak banget buat gue kuliah. Terlebih bokap yang kayanya masih ga rela gue di FKM. Beban banget buat gue sebenernya. Anaknya temen nyokap juga di FKM, dapet IP 3,63. Nyokap malu lah anaknya dapet IP jauh lebih rendah gini. Beban lagi buat gue.
Belum lagi, malunya sama temen-temen gue. Dari gue SD, temen-temen gue tuh pinter-pinter. Makin pengen tenggelem pas tau mereka bisa dapet IP jauh lebih tinggi padahal prodi mereka jauh lebih susah. Teknik misalnya. Bahkan jika IP mereka sedikit lebih rendah dibanding gue, gue juga masih ngerasa loser. Karena, jika mereka masuk FKM, pasti dapet IP jauh lebih tinggi dibanding gue.
Loser buat gue adalah satu hal yang amit-amit walaupun gue udah biasa jadi loser. Sampai saat ini, gue masih bingung apa yang bisa gue banggain. Apa yang bisa bikin semua orang yang udah bantu gue, juga gue bantu. Apa yang bisa bikin orang-orang yang sayang gue, menjadi ga sia-sia menghabiskan energi mereka buat sayang gue. Apa hal baik yang pernah gue lakukan ke orang-orang itu. Makanya, menurut gue IP ngaruh banget. Seenggaknya, gue pengen satu orang aja yg pernah bantu gue bilang ‘Ga sia-sia gue nyemangatin lo buat belajar kalo hasilnya lo dapet cum laude.’ Mungkin lo perlu tau, seseorang bakal seneng banget kalo dihargain seperti itu.
Tapi yang ada malah gue yang ngomong gitu ke temen-temen gue. Mereka bener-bener hebat. Profesional di bidang yang mereka pilih (atau ga sengaja pilih). Mereka luar biasa, buat gue. Makanya kadang gue minder deket-deket mereka. Ujung-ujungnya, ngegalau sendirian. Nyokap pernah bilang, kalau temenan sama yang hebat bisa jadi hebat. Sama kaya pepatah yang bilang ‘berkawan dengan penjual parfum, kau akan wangi’. Semoga aja suatu saat gue akan mewangi seperti kalian~ *hugs*

3 comments:

  1. teman kadang - kadang juga bisa menusuk, teman dekat kita lagi. kadang iri itu dimulai teman kita yang dekat.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. 3,32 itu nilai IP yang bagus banget, bersyukurlah Anda....lihat masih banyak mahasiswa yg nilai IP nya dibawah tiga...bahkan ada mahasiswa yg nilainya cuma nol koma sekian!!!! Bersyukurlah Andaaa!!!

    ReplyDelete

ANY COMMENT?