December 24, 2009

Mencari Masa Depan

Agak lebay sih judulnya. Tapi beneran kok, emang mau cari fakultas untuk masa depan kan. Jangan sampe salah pilih deh yang ini. Menyangkut berpuluh-puluh tahun ke depan juga soalnya.

Dari berbulan-bulan yang lalu sebenernya udah searching info jurusan. Berikut ini yang mereka sarankan :

Nyokap :
Beliau maunya gue di FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat) . Di dapet info dari temen-temen dokternya dan tante gue yang lulusan SKM UNDIP juga, prospek FKM tuh bagus, luas, dan yang namanya bidang kesehatan, pasti dibutuhin.
Nyokap kayanya ambisius banget nyuruh gue FKM. Pas gue bilang mau di ITB aja, nyokap kayanya nggak setuju. Malah nyolot-nyolotan kita. Huh

Bokap :
Ya terserah kamu aja. Kalau masalah uang, Papa usahain (aduh gue terharu setiap denger Bokap bilang gini)
"PU (President University) bagus loh nis. Apalagi kamu masuknya International Bussiness kan. Lingkungannya udah pake bahasa inggris. Jadi kamu tuh udah dipersiapin jad masyarakat dunia. Apalagi link nya banyak. Yah, minimal pabrik-pabrik Cikarang juga banyak yang mau. Terus yang Papa tau, kuliahnya lebih cepet. Cuma 3,5 tahun udah termasuk matrikulasi dan sistem magang setahun. Dari segi harga lumayan murah juga kok. 65 juta kan karena kamu beasiswa 2. Jadinya kamu tinggal fokus ke UAN aja." Dan bokap antusias gue jadi warga dunia -,-

Guru BIP :
Awalnya Beliau nanya-nanya ke gue beberapa pertanyaan. Terus dia bilang katanya gue orangnya 'melebar'. Dia bilang, Geodesi prospeknya ceraaaah. Sedikit nyinggung sodaranya di Geodesi, gajinya gedeeee. Tapi katanya gue cocok di Geologi. Karena gue suka gempa-gempa (ini ditanya juga sama dia). Beberapa alasan lain gue lupa. Di hari itu, gue cukup yakin gue mau masuk FITB prodi Geologi.
Terus pas gue tanya gimana kalo FKM-UI, dengan semangatnya dia bilang prospek FKM bagus banget. Apalagi kalo ambil K3. Itu di perusahaan manapun dibutuhin. Kerjanya bikin regulasi / peraturan, meninjau sistem yang berkaitan dengan keselamatan kerja, dll. Kalo yg ini lebih ke IPA daripada manajemennya. Terus kalo kedudukannya udah agak tinggian, gajinya bisa setara dengan direksi ! wooooow. Ya tapi tanggung jawabnya ya itu, nyawa orang ada di peraturan yang kita buat. Disini nih yg bikin gue takut FKM. Haaah semoga nggak kerja sendirian aja.

Satrio :
Sebenernya bukan satrio yang nyaranin. Tapi untuk mengenang jasa-jasanya jadi tempat muntahan gue kalo minta saran fakultas, dan waktu ambil rapot kemarin juga nemenin gue ngiter sekolahan buat nanya-nanya fakultas yg cocok buat gue, ya sudahlah terpaksa ditulis aja. Hehehehee. Walaupun ujung2nya dia juga yang lebih banyak minta saran -,-
Jadi kemaren sempet ke standnya ITB pas ada EduFair di sekolah. Yang jaga kebetulan mahasiswa FTTM dan STEI. Ada Hernadi, Hedi, dan nyokapnya Topik juga disana nanya-nanya. Terus nanya-nanya kan. Gue nanya kalo cewek masuk Geologi gimana. Katanya tuh orang, masuk Geologi tuh enak, apalagi cewek. Karena cewek di Geologi ITB masih jarang banget, jadinya cewek tuh dijaga banget. Ibarat cowok adalah batu, cewek adalah berlian. Bener-bener spesial banget. Lapangan kerjanya nanti juga luas. Bisa masuk perminyakan juga malah. Mau ah Geologi ITB.
Nah terus pas ngobrol-ngobrol sama satriow dia bilang katanya nanti mau ke FTTM terus dapetin kerjaan di London, Dubai, atau apalah suka suka dia. Dari sini gue mikir, kalo geologis masuk perminyakan juga kemungkinan bisa kaya gini juga kan. Terus ninggalin keluarga selama sebulanan. Gue kan cewek, calon ibu, masa ninggalin keluarga sih ? Kayanya nggak etis aja gitu cewek lebih banyak diluar rumah, kerja berat, dan segala macem. Emansipasi nggak berlaku disini. Tetep ada naluri perempuan. Halah.
Kalopun seandainya nggak di luar negeri ataupun keluarga dibawa ngikut ke negara tempat bekerja, nyari suaminya yang susah. Kenapa susah ? Karena suami pasti maunya gajinya dia lebih tinggi daripada gaji istrinya. Kan dia yang jadi tulang punggung keluarga. Ego seorang suami biasanya begitu. Kalopun gajinya udah lebih tinggi, ya masa mau ditinggal istrinya mulu kerja di negeri orang. Kapan buat anaknya ? Kemungkinan lain adalah, mana mau suaminya diboyong ke daerah tempat kerja istrinya. Mana mau ngikut istrinya sedangkan dia ada kerjaan kan. Yang gitu gitu lah. Masalah antara suami-istri dan egonya masing-masing, yang perlu gue pikirin.

-----

Jadi sebenernya gini loh, gue suka fakultas yang prospek kerjanya luas, bagus, gajinya juga sebanding sama perjuangan (lebih gede juga gpp). Untuk pekerjaan nantinya, maunya yang nyerempet-nyerempet manajemen tapi basicnya tetep IPA. Gue suka analisa data, bekerja secara proses step by step, dan terstruktur. Gue suka deh ngebayangin kalo nanti gue kerja, gue pake blazer + long pants / kemeja, kaya wanita karir gitu. Kaya Keri Hilson yang di video clip nya Ne-Yo Miss Independent. Keren aja gitu. Dan kerjanya di perusahaan multinasional kaya Unilever gitu. Bisa koperatif sama orang-orang di luar negeri, negosiasi, dan segala macem. Jadi kan ada kesempatan buat ke luar negeri gratis. Haha, nggak deng. Ya gue sukanya yang kaya gitu-gitu deh.
Kira-kira bagusnya masuk mana ya ?

1 comment:

  1. buat temen temen yang butuh uang tambahan dari internet silahkan coba
    no spam $5/minggu silahkan itung sendiri dolar sekarang 14000 tinggal kali 5 aja
    lihat disini

    Dan yang mau punya Akun kartU kredit MASTERCARD Bonus $25 silahkan lihat disini
    INFORMASI
    lihat disini

    ReplyDelete

ANY COMMENT?